POLRISekolah Polisi

4 Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian Yang Harus Anda Ketahui!

4 Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian Yang Harus Anda Ketahui!

4 Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian Yang Harus Anda Ketahui! – Hayoo…coba tunjuk tangan, siapa disini yang ingin menjadi bagian dari salah satu pemuda/pemudi yang mengabdi untuk Tanah Air Indonesia…

Pasti ada banyak sekali bukan? Menjadi bagian dari salah satu masyarakat Indonesia yang mengabdi kepada tanah air adalah suatu rasa kebanggan kepada diri sendiri, karena dapat membantu negaranya untuk terus maju dan akan bangga juga ketika melihat masyarakat disekitarnya dapat hidup dengan aman, damai, dan sejahtera.

Menjadi bagian dari kepolisian merupakan suatu hal yang sudah sepatutnya harus dibanggakan, karena pekerjaannya yang tidak bisa dibilang mudah dan juga penuh dengan tantangan, yang pastinya akan berbeda dengan karyawan-karyawan lainnya. Karena tugas kepolisian langsung terjun ke masyarakat dan pertanggung jawabannya langsung kepada negara. Oleh karena itu, tidak heran jika anggota kepolisian memililki citra publik yang baik di mata masyarakat.

‘’Tapi…kayaknya ada juga deh polisi nakal yang hanya mementingkan dirinya sendiri dengan berdalih untuk kepentingan negara?’’ Yaps, dalam setiap instansi sepertinya hal seperti itu tidak akan menutup kemungkinan akan ada bukan? Namun, hal yang harus kalian garis bawahi adalah tidak semua pegawai negeri sipil yang bersifat arogan hingga melupakan kewajibannya.

Dengan adanya open recruitmen yang diadakan oleh Polri setiap tahunnya, diharapkan agar bisa mendapatkan generasi baru yang berkualitas dan yang memang memiliki tekad untuk membawa perubahan yang positif untuk kemajuan Polri agar bisa menghilangkan opini-opini publik yang negatif.

Seperti yang kita ketahui, bahwa polri membuka peluang besar bagi masyarakat Indonesia yang ingin mengabdikan dirinya untuk masuk ke kepolisian. Peluang yang diberikan yaitu dengan akses yang beragam sehingga memudahkan para pelamar dalam memilih jalur pendaftaran masuk kepolisian, para pelamar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuannya.

 

4 Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian Yang Harus Kamu Ketahui!

Syarat Umum Mendaftar Kepolisian

  1. Warga Negara Indonesia (WNI)
  2. Usia minimal 18 tahun dan usia maksimum bisa disesuaikan dengan ketentuan jalur pendaftaran masuk kepolisian yang di pilih (umumnya untuk jalur Akpol batas usia maksimum 21 tahun)
  3. Minimal lulusan SMA/SMK/Sederajat (tidak boleh paket A, B, atau C)
  4. Tinggi Badan Pria minimal 165 cm dan untuk Wanita 160 cm
  5. Sehat jasmani maupun rohani (tidak buta warna dan memiliki kondisi kesehatan yang prima)
  6. Tidak memiliki catatan kejahatan yang akan di buktikan dengan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) dari Polres setempat
  7. Belum pernah menikah secara hukum/agama/ adat, belum pernah hamil/ melahirkan, dan sanggup untuk tidak menikah selama menjalani proses pendidikan

 

4 Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian Yang Harus Kamu Ketahui!

Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian

1. Akademi Kepolisian (Akpol)

Akpol merupakan lembaga pendidikan yang menjadi pilihan favorite masyarakat Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikannya untuk bisa masuk ke Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

Akpol menjadi jalur pendaftaran masuk kepolisian yang paling favorite. Bukan tanpa alasan, jalur ini banyak dipilih karena di lembaga ini para taruna mendapatkan pendidikan yang ketat, baik dalam hal akademik maupun fisik. Sehingga, dapat menghasilkan lulusan dengan keterampilan kepemimpinan yang tinggi, mengetahui cara memanajemen waktu yang baik, disiplin, dan juga memiliki basic skill dalam teknis dibidang penegakan hukum.

Pendidikan dan pelatihan tersebut dirancang untuk membekali para taruna ilmu-ilmu yang nantinya akan sangat berguna sekali untuk diterapkan dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya di kepolisian.

Selain itu, alasan lain yang menguatkan lembaga ini menjadi pilihan favorite adalah karena pangkat yang di terima setelah lulus dari lembaga ini lebih tinggi dari pada lembaga lainnya. Pangkat yang didapatkan, yaitu Inspektur Polisi Dua (Ipda), yang mana dengan pangkat ini, maka perjalanan karier individu tersebut hingga menjadi Jenderal Polisi (pangkat tertinggi di Kepolisian) tinggal beberapa langkah lagi.

Lulusan Akpol juga memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi, baik di dalam maupun di luar negeri, serta juga dapat menduduki posisi strategis di kepolisian, termasuk Kapolres, Kapolda, hingga Kapolri.

Sebagai salah satu pegawai negeri sipil dibidang kepolisian, terutama lulusan Akpol memiliki gaji yang bisa dibilang cukup baik, selain itu mereka juga mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas seperti asuransi kesehatan, perumahan, dan jaminan pensiun.

Hal ini, bisa dikatakan bahwa jenjang karier yang dimiliki lulusan Akpol sangat stabil dan juga jelas. Namun, hal itu pastinya sangat sepadan dengan lamanya masa pendidikan yang mereka jalani. Masa pendidikan di Akpol memang lebih lama dibanding jalur pendaftaran masuk Kepolisian lainnya. Lama masa pendidikan di lembaga ini, yaitu 4 tahun (8 semester).

Proses masuk di lembaga ini, terdiri dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes psikologi, tes akademik, tes kesamaptaan jasmani, dan pantauan akhir.

 

2. Bintara Polri

Bintara Polri digadang-gadang menjadi pilihan favorite ke dua masyarakat Indonesia, karena dalam lembaga ini untuk akses pendaftarannya lebih mudah dibandingkan Akpol. Oleh karena itu, beberapa orang menganggap bahwa jalur ini, merupakan jalur yang lebih realistis dengan dengan kemampuan yang mereka miliki. Terlebih lagi bagi calon peserta yang sebelumnya pernah mencoba mengikuti jalur masuk pendaftaran di Akpol, namun belum rezeki mereka untuk lulus.

Masa pendidikan di Bintara Polri tentunya lebih singkat dari Akpol, yaitu hanya 5 bulan saja. Namun untuk pangkat yang didapatkan oleh para lulusan lembaga ini, sudah pasti akan lebih rendah dari lulusan Akpol. Pangkat yang didapatkan oleh lulusan ini, yaitu Brigadir Polisi Dua (Bripda).

Beberapa alasan yang menjadikan lembaga ini menjadi pilihan kedua favorite masyarakat Indonesia, yaitu karena masa pendidikan yang ditempuh oleh lulusan ini lebih singkat dari Akpol, jadi lembaga ini juga dinilai cocok untuk mereka yang ingin segera bekerja dan mendapatkan penghasilan.

Masuk ke Bintara Polri juga tidak membutuhkan biaya yang cukup besar, karena pendidikan polri termasuk bintara, biasanya untuk biaya pendidikan sudah di tanggung oleh negara. Hal ini, tentunya juga menjadi salah satu alasan ketertarikan mereka yang berasal dari keluarga yang belum memilki finansial yang stabil untuk mengambil jalur pendaftaran masuk kepolisian yang biayanya lebih besar.

Lulusan Bintara Polri lebih banyak beroperasional di lapangan, sehingga sangat cocok sekali bagi individu yang sangat senang bersosialisasi langsung ke masyarakat. Karena lulusan dari lembaga ini, lebih difokuskan ke tugas lapangan yang tugasnya langsung terkait dengan pelayanan masyarakat. Oleh sebab itu, peluang untuk diterima oleh Bintara Polri juga bisa lebih besar, sebab jumlah bintara yang dibutuhkan di lapangan juga sangat banyak.

 

Baca juga: 10 Bocoran Latihan Soal Bahasa Inggris Bintara Polri : Cari Tahu Disini!

 

Selain itu, walaupun lulusan Bintara Polri memiliki pangkat yang lebih rendah dari pada Akpol. Namun mereka juga masih memiliki peluang untuk naik pangkat. Peluang yang dapat mereka ambil untuk menduduki pangkat yang lebih tinggi yaitu dengan melanjutkan pendidikan melalui jalur Sekolah Inspektur Polisi (SIP), dengan jalur ini mereka dapat menduduki pangkat Perwira.

Sebagai bagian dari keluarga polri, tentunya mereka juga akan mendapatkan jaminan pekerjaan dengan gaji tetap, tunjangan, serta fasilitas lain yang setara dengan pangkat Perwira Polri, meski dengan skala yang berbeda pula pastinya.

Proses masuk di lembaga ini juga sama dengan Akpol, yang terdiri dari seleksi administrasi, tes kesehatan, tes akademik, psikologi, fisik, dan pantauan akhir.

 

3. Tamtama Polri

Jalur pendaftaran masuk kepolisian selanjutnya yang banyak di incar oleh masyarakat Indonesia adalah jalur Tamtama Polri, alasan yang paling banyak mengapa mereka menammbiljalur ini adalah karena persyaratan pendaftaran yang relative lebih sederhana disbanding Akpol dan Bintara Polri. Banyak masyarakat yang menganggap bahwa jalur ini lebih mudah untuk mereka ikuti karena kompetensi yang mereka miliki dibidang akademik kurang cukup bagus. Sehingga, mereka lebih memilih jalan yang aman, agar mereka bisa lolos dan bergabung menjadi anggota kepolisian.

Masa pendidikan yang dijalani oleh lembaga ini juga cukup singkat, pasalnya hanya memakan waktu selama 5 bulan saja. Setelah itu, para lulusan Tamtama Polri akan diperbolehkan untuk terjun langsung ke lapangan dan bertugas untuk menjaga keamanan masyarakat dan berpatroli. Para lulusan juga akan mendapatkan pangkat sebagai Bhayangkara Dua (Bharada).

Lulusan Tamtama Polri memang memiliki jabatan terendah dalam struktural Polri, namun jika mereka telah beberapa tahun bertugas dan memiliki tekad yang kuat untuk bisa menduduki tingkatan karier yang lebih tinggi, mereka dapat mengikuti seleksi untuk menjadi Bintara Polri, yang memungkin individu tersebut akan mendapatkan pangkat, tugas, dan tangggung jawab yang lebih besar dari pada sebelumnya.

Sama seperti halnya dengan anggota polri lainnya, menjadi Tamtama juga akan mendapatkan gaji tetap, tunjangan, dan fasilitas yang sama, namun dengan skala yang berbeda.

 

4. Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS)

Jalur Pendaftaran Masuk Kepolisian yang terakhir yaitu SIPSS, seperti namanya jalur masuk kepolisian ini hanya untuk para masyarakat Indonesia yang sudah bergelar sarjana, baik lulusan di perguruan tinggi dalam maupun luar negeri.

Para lulusan sarjana juga diberikan kesempatan untuk bisa masuk ke kepolisian Republik Indonesia (Polri), namun pastinya mereka juga harus memenuhi kualifikasi yang telah ditetapkan oleh Polri. Contohnya seperti memiliki pengetahuan dasar dan juga keterampilan serta memiliki sikap dan perilaku terpuji yang dapat mendukung keahlian dan kompetensi mereka dalam melaksanakan tugas kepolisian.

Alasan beberapa orang memilih jaur pendaftaran ini, yaitu karena keahlian dan kompetensi yang mereka miliki sejalan dengan latar belakang spesialisasi mereka. Contohnya seperti kedokteran, hukum, psikologi, teknik, desain komunikasi visual, dan masih banyak lagi.

Selain itu, mereka memilih jalur ini karena mereka ingin memberikan kontribusi yang baik dikepolisian, melalui keahlian yang mereka miliki. Seperti dalam hal, penegakan hukum, keamanan nasional, dan memberikan pelayanan kepada masyarakat.

 

Nah, itu dia beberapa jalur pendaftaran masuk kepolisian yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Setiap jalur pendaftaran memang memiliki pangkat yang berbeda-beda, namun Anda harus ingat untuk mendapatkan pangkat yang tinggi, Anda juga harus menjalankan pelatihan lebih lama dan tantangan yang harus kalian hadapi juga pastinya akan lebih banyak.

Jadi, ada baiknya untuk menyesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan yang Anda miliki. Seberapa tinggi pangkat yang Anda miliki, Anda tetap merupakan bagian dari aparatur negara yang memiliki tugas yang sangat baik dimata masyarakat Indonesia.

Jika Anda ingin mengetahui informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengunjungi portal resmi penerimaan polri.

 

Semangat, Semoga Sukses!

 

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian CAT