Akademi Angkatan Laut

Tips dan Trik Wawancara AAL 2024

Tips dan Trik Wawancara AAL 2024

Tips dan Trik Wawancara AAL 2024

Tahapan seleksi wawancara adalah tahapan yang biasanya paling dihindari oleh kebanyakan orang. Karena rasa kurang percaya diri, rasa gugup, dan kurangnya kemampuan dalam mengolah kata yang tepat ketika harus berhadapan dengan interviewer.

Sama seperti kebanyakan institusi lainnya, lolos dalam tahapan tes wawancara Akademi Angkatan Laut (AAL), memerlukan persiapan yang matang dan strategi yang tepat. Wawancara ini dirancang untuk mengukur kualitas pribadi, mental, dan motivasi calon taruna. Berikut ini akan kita bahas tips dan trik wawancara AAL.

Tips dan Trik Wawancara AAL

Persiapkan Diri dengan Pengetahuan Tentang AAL

Tips dan trik wawancara AAL yang pertama yaitu agar kamu dapat percaya diri dalam interview nanti, kamu harus mempelajari dan memahami terlebih dahulu tentang AAL, seperti misi, visi, sejarah, dan niali-nilai yang dipegang oleh AAL. Kamu harus tau apa alasan kamu mendaftar di AAL dan kontribusi apa yang bisa kamu berikan untuk institusi ini. Pahami juga struktur organisasi TNI AL dan peran-peran yang ada di dalamnya. Pengetahuan ini menunjukkan bahwa kamu serius dan memiliki inisiatif untuk meriset sendiri.

Tinjau Kembali Alasan Kamu Bergabung

Tips dan trick wawancara AAL selanjutnya yaitu kamu harus meninjau kembali alasan apa yang membuat mu bergabung di institusi ini. Contohnya seperti dibawah ini.

  • Motivasi yang Kuat

Kamu harus bisa menjelaskan secara jelas dan meyakinkan alasan kamu mengapa ingin bergabung dengan AAL. Hindari jawaban yang klise dan tunjukkan bahwa kamu memiliki dedikasi untuk melayani negara.

  • Tujuan Karier Jangka Panjang

Pikirkanlah tentang bagaimana kamu melihat diri kamu dalam jangka waktu 5-10 tahun kedepan di Angkatan Laut. Wawancara akan menguji visi kamu dan bagaimana kamu memetakan karier.

Persiapan Mental dan Fisik

Dalam melakukan wawancara AAL kamu membutuhkan persiapan mental dan fisik. Karena tes wawancara sama saja seperti sedang menguji mentalmu. Mempunyai mental yang kuat dan tangguh sangat diperlukan ketika kamu ingin menjadi TNI. Persiapan fisik dapat kamu lakukan dengan istirahat yang cukup, makan-makanan yang sehat dan gestur tubuh seperti apa yang cocok di terapkan saat sedang wawancara. Berikut ini tips persiapan mental dan fisik yang dapat kamu lakukan.

  • Ketenangan dan Kepercayaan Diri

Berlatihlah teknik relaksasi, seperti pernapasan dalam atau meditasi, untuk membantu kamu tetap tenang selama wawancara. Kamu juga bisa memikirkan hal-hal yang positif dan anggaplah bahwa bukan hanya kamu saja yang gugup disini, tetapi para interviewer pasti juga merasakan hal yang sama, oleh karena itu kamu harus tetap tenang dan menguasi dirimu sendiri.

  • Postur dan Bahasa Tubuh

Jaga postur tubuhmu agar tetap tegak, tatap pewawancara, berikan salam dengan tegas, dan jangan lupa untuk selalu memasang raut muka yang ramah dan terkesan antusias. Bahasa tubuh yang baik mencerminkan sikap disiplin dan kesiapan anda.

baca juga

Latihan Wawancara

Latihan wawancara sangat penting sekali agar kamu dapat terbiasa dengan situasi yang serius dan terkesan mencekam. Latihan ini bisa dilakukan mulai dari melakukan riset pertanyaan-pertanyaan yang biasa keluar dalam tes wawancara, berlatih untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, menjaga intonasi suara agar tetap stabil, postur tubuh yang tepat ketika wawancraa, hingga pertanyaan apa yang harus kamu ajukan ke interviewer ketika meraka meminta mu untuk mengajukan pertanyaan. Sehingga nantinya kamu dapat lebih rileks dan lebih mudah mengatur dirimu dalam situasi tersebut.

  • Simulasi Wawancara

Lakukan lah latihan wawancara dengan teman, keluarga, atau mentor yang dapat memberikan umpan balik konstruktif. Namun jika cara tersebut tidak memungkinkan, kamu dapat berlatih sendiri di depan cermin atau dengan membuat video. Kamu dapat mencari tahu terlebih dahulu referensi seputar pertanyaan wawancara AAL, lalu buatlah daftar pertanyaannya. Kamu dapat berdialog sendiri di depan cermin atau kamera. Dengan begitu kamu masih bisa berlatih wawancara dan evaluasi lah pertanyaan mana yang menurutmu masih kurang cukup kamu kuasai dalam menjawab pertanyaan tersebut.

  • Antisipasi Pertanyaan Umum

Persiapkanlah pertanyaan umum seperti ‘’Ceritakan tentang diri Anda’’, ‘’Apa yang Anda ketahui tentang AAL?’’, atau ‘’Mengapa Anda memilih karier di intitusi militer?’’.

Pemahaman Tentang Kedisiplinan dan Etika Militer

Memperbanyak membaca dan memiliki keingin tahuan yang besar membuat mu memiliki pengetahuan yang lebih mendalam tentang AAL, sehingga kamu bisa lebih siap menjawab pertanyaa-pertnyaan yang diberikan.

  • Disiplin Diri

Wawancara akan menilai sejauh mana kamu disiplin dalam kehidupan sehari-hari. Siapkan lah contoh konkret yang menunjukkan disiplin, kerja keras, dan tanggung jawab kamu.

  • Etika Militer

Pelajari tentang etika dan kode kehormatan milter. Menunjukkan pehaman ini akan mencerminkan kesiapan kamu untuk mengikuti dan menghormati aturan-aturan militer.

Kemampuan Komunikasi

Sebagai aparat negara, memiliki kemampuan komunikasi yang baik pasti akan menjadi penilain yang penting. Karena jika seorang aparat negara tidak memiliki kemampuan komunikasi yang baik, maka kedepannya ditakutkan akan terjadi misskomunikasi. Berikut tips dan trik komunikasi dalam wawancara AAL.

  • Jelas dan Ter struktur

Berbicara lah dengan jelas dan pastikan bahwa jawabanmu sesuai dengan pertanyaan yang di ajukan oleh interviewer. Berikanlah jawaban yang terstruktur dan jangan bertele-tele atau terlalu singkat.

  • Pendengar yang Baik

Dengarkan lah pertanyaaan dari interviewer dengan seksama sebelum menjawab. Jangan pernah memotong ucapan. Dan jika kamu merasa kurang yakin dengan pertanyaannya, minta klarifikasi dengan sopan.

Penampilan dan Sikap

Penampilan dan sikap pastinya menjadi hal pertama yang orang lain nilai saat pertama kali bertemu seseorang. Oleh karena itu, penting sekali untuk memberikan kesan pertama yang baik dengan mengenakan pakaian yang rapih dan wangi, serta menjaga sopan dan santun.

  • Penampilan Rapi dan Sesuai

Pastikan bahwa kamu berpakain rapi dan sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan. Hindari penampilan yang berlebihan atau yang tidak sesuai.

  • Tepat Waktu

Datanglah tepat waktu atau lebih awal 10 menit sebelum wawancara berlangsung. Kedisiplinan waktu sangat penting dalam dunia militer.

Jaga Motivasi dan Semangat

Selalu termotivasi akan membuat mu menjalani wawancara tersebut dengan lancar, kamu bisa memikirkan kembali apa hal yang membuatmu termotivasi dan semangat, sehingga membuat mu mendaftar di AAL.

  • Tunjukkan Antusiasme

Tunjukkan lah bahwa kamu benar-benar bersemangat untuk bergabung dengan AAL. Semangat yang kuat dan sikap yang positif sangat dihargai dalam wawancara.

  • Tetap Semangat Walaupun Ada Kesulitan

Jika kamu menghadapi pertanyaan yang sulit, tetap tenang dan usahakan untuk memberikan jawaban terbaik yang kamu bisa. Jangan biarkan satu kesalahan kecil mempengaruhi keseluruhan wawancara.

Evalusi Diri Setelah Wawancara

Tips dan trick wawancara AAL yang terakhir adalah melakukan evaluasi terhadap performa diri mu sendiri, mulai dari bagaimana cara kamu menghadapi pertanyaan yang diajukan interviewer, sampai pertanyaan mana yang menurutmu masih belum cukup puas ketika menjawab pertanyaan tersebut. Kamu juga bisa me riset sendiri jawaban dari pertanyaan yang belum kamu kuasai. Sehingga di kemudian harinya jika kamu menghadapi wawancara kembali, kamu bisa lebih aware terhadap pertanyaan serupa.

 

Nah, itu dia tips dan trik wawancara AAL yang dapat membantumu melewati tes tersebut. Dengan persiapan yang matang dan tekad yang kuat. Akan memberikan kamu peluang yang besar untuk lolos tes wawancara AAL. Semangat!

 

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian CAT