TNIPOLRI

Terdengar Sama Namun Tingkatan Pangkat TNI dan Polri ini Ternyata Berbeda

Terdengar Sama Namun Tingkatan Pangkat TNI dan Polri ini Ternyata Berbeda

Tingkatan Pangkat TNI dan Polri

Tingkatan Pangkat TNI dan Polri

Tingkatan jabatan TNI dan Polri memang memilliki nama tingkatan yang serupa, namun memiliki istilah pangkat yang berbeda dan pastinya setiap tingkatan pangkat TNI dan Polri  ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda juga.

Sejak tanggal 1 Januari 2001, Kepolisian Negara Republik Indonesia dipisahkan dari Tentara Negara Indonesia dan menggunakan tanda kepangkatan sendiri. Selain itu struktur istilah, dan juga tanggung jawab yang diemban pun juga pastinya memiliki persamaan dan perbedaan. Mari kita bahas seputar persamaan dan perbedaan tingkatan pangkat  TNI dan Polri.

 

Persamaan Tingkatan Pangkat antara TNI dan Polri

1. Struktur Hierarki

Baik Polri maupun TNI memiliki struktur hierarki yang serupa, mulai dari tingkatan jabatan terendah hingga tingkatan jabatan yang tertinggi. Struktur ini diatur secara berjenjang dan memiliki persyratan khusus juga untuk menaiki tingkat jabatan selanjutnya. Struktur ini akan mencerminkan tanggung jawab serta wewenang masing-masing jabatan.

2. Tingkatan jabatan

Antara TNI dan Polri memiliki golongan tingkat jabatan utama yang sama, yaitu Tamtama, Bintara, dan Perwira.

3. Peran dan Tanggung Jawab

TNI dan Polri memiliki peranan dan tanggung jawab yang sama yaitu sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban negara. Walaupun memiliiki fokus yang berbeda, karena Polri lebih berfokus kepada menjaga keamanan dan ketertiban di negara Indonesia, namun untuk TNI lebih berfokus kepada pertahanan negara dari ancaman luar dan dalam negeri.

Perbedaan Tingkatan Pangkat antara TNI dan Polri

1. Istilah Pangkat

TNI dipimpin oleh Panglima TNI, dan tingkatan yang paling tinggi yaitu Perwira, lalu Bintara, dan yang terakhir Tamtama. Berikut ini istilah dalam tingkatan jabatan tersebut.

  • Perwira

Letnan Dua (Letda), Letnan Satu (Lettu), Kapten Mayor, Letnan Kolonel (Letkol), Kolonel, Brigadir, Jenderal (Brigjen), Mayor Jenderal (Mayjen), Letnan Jenderal (Letjen), dan Jenderal.

  • Bintara

Sersan Dua (Serda), Sersan Satu (Sertu), Sersan Kepala (Serka), Sersan Mayor (Serma), Pembantu Letnan Dua (Pelda), Pembantu Letnan Satu (Peltu).

  • Tamtama

Prajurit Dua (Prada), Prajurit Satu (Pratu), Prajurit Kepala (Praka), Kopral Dua (Kopda), Kopral Satu (Koptu), Kopral Kepala (Kopka).

 

Sementara Polri dipimpin oleh Kepala Polri (Kapolri), berikut ini istilah tingkatan pangkatnya

  • Perwira
  1. Perwira Tinggi dibagi menjadi beberapa tingkatan diantaranya yaitu, Jenderal Polisi (Jen Pol), Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol), Inspektur Jenderal Polisi (Irjen Pol), dan Brigadir Jenderal Polisi (Brigjen Pol).
  2.  Perwira Menengah dibagi menjadi beberapa tingkatan diantaranya yaitu Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol), Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP), dan Komisaris Polisi (Kompol).
  3. Perwira Pertama dibagi menjadi beberapa tingkatan diantaranya yaitu Ajun Komisaris Polisi (AKP), Inspektur Polisi Satu (Iptu), dan Inspektur Polisi Dua (Ipda).
  • Bintara
  1. Bintara Tinggi Polri dibagi menjadi 2 (dua), yaitu Ajun Inspektur Polisi Satu (Aiptu) dan Ajun Inspektur Polri Dua (Aipda).
  2. Brigadir/ Bintara Polisi dibagi menjadi 4 (empat), yaitu Brigadir Polisi Kepala (Bripka), Brigadir Polisi
  3. (Brigpol), Brigadir Polisi Satu (Briptu), dan Brigadir Polisi Satu (Bripda).
  • Tamtama
  1. Tamtama Kepala Polri dibagi menjadi 3 (tiga) yaitu, Ajun Brigadir Polri (Abrip), Ajun Brigadir Polisi Satu (Abriptu), dan Ajun Brigadir Polisi Dua (Abripda).
  2. Tamtama Polri dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu Bhayangkara Kepala (Bharaka), Bhayangkara Satu (Bharatu), dan Bhayangkara Dua (Bharada).

2. Fokus Tugas

  • Polri bertugas dalam penegakan hukum, menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.
  • TNI berfokus kepada pertahana negara, menghadapi ancaman militer dari luar negeri, menjaga keutuhan wilayah, serta memiliki peran dalam operasi militer selain perang contohnya seperti membantu penanggulangan bencana.

3. Penugasan dan Operasi

  • Polri lebih banyak terlibat dalam penugasan di dalam negeri terkait dengan keamanan publik dan penegakan hukum.
  • TNI, selain didalam negeri, TNI juga memiliki penugasan di luar negeri, contohnya seperti dalam misi perdamaian PBB.

4. Pendidikan dan Pelatihan

  • Pendidikan dan pelatihan di polri lebih banyak fokus pada aspek penegakan hukum, investigasi, dan keamanan dalam negeri.
  • Pendidikan dan pelatihan TNI, lebih berfokus pada taktik militer, strategi milter, dan operasi tempur.

 

Dengan demikan walaupun tingkatan pangkat TNI dan Polri memiliki kesamaan, dalam struktur pangkat dan tanggung jawab secara herarki. Namun perbedaan utama antara Polisi dan TNI terletak pada istilah pangkat, fokus tugas, dan tanggug jawab operasional mereka.

 

Jika kamu tertarik untuk masuk Akmil dan Akpol, baca ini untuk mengethaui seputar kurikulim yang mereka gunakan : 5 Kurikulum Terkini di Akpol dan Akmil – Fokus pada Pengembangan Kepemimpinan dan Profesionalisme

 

 

 

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian CAT