Akademi Angkatan Laut

9 Tips Jitu Lolos Seleksi Akademi Angkatan Laut

9 Tips Jitu Lolos Seleksi Akademi Angkatan Laut

9 Tips Jitu Lolos Seleksi Akademi Angkatan Laut

9 Tips Jitu Lolos Seleksi Akademi Angkatan Laut

 

Sini-sini ngumpul siapa yang cita-citanya jadi Perwira di Akademi Angkatan Laut?

Akademi Angkatan Laut atau yang biasa disingkat AAL ini adalah lembaga sekolah militer yang bertujuan untuk mencetak Perwira TNI Angakatan laut. Lembaga ini berada di Surabaya, Jawa Timur.

Akademi Angkatan Laut juga jadi salah satu sekolah militer yang diminati para pemuda Indonesia. Dari tahun ke tahun persaingan memasuki dunia militer semakin ketat dan kompetitif. Dari seluruh daerah di Indonesia para pemuda semakin menunjukkan rasa ambisius akan Nasionalisme yang ada dalam dirinya. Oleh karena itu pasti ada banyak sekali dari mereka yang sudah menyiapkan diri sebelum waktu pendaftaran seleksi akademi tersebut di buka.

Namun untuk kamu yang belum ada persiapan atau gambaran mengenai seleksi  Akademi Angkatan Militer, jangan khawatir ini dia rangkuman tips dan trick nya.

9 Tips Lolos Seleksi Akademi Angkatan Laut

 

1. Ketahui Syarat dan Ketentuan

Mengetahui syarat dan ketentuan adalah hal utama yang harus kalian ketahui, supaya kalian bisa mempersiapkan apa saja yang sekiranya belum sesuai dengan diri kalian.

  • Jenis Kelamin

Persyaratan pertama yaitu Warga Negara Indonesia berjenis kelamin Pria, bukan prajurit TNI/Polri/PNS. Beberapa tahun kebelakangan ini untuk proses persyaratan seleksi Akademi Angkatan Laut memang sedikit berbebeda, karena untuk wanita memang belum terdapat dikualifikasi persyaratan resmi  penerimaan TNI.

  • Pendidikan

Berijazah SMA/MA jurusan IPA/Kurikulum Merdeka.

  • Usia

Untuk memasuki Akademi Angkatan Laut bisa dimulai dari usia 17 tahun hingga 22 tahun.

  • Fisik

Memiliki tinggi badan minimal 163 cm. Tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

  • Kesehatan

Pastikan terlebih dahulu bahwa kamu dalam kondisi yang prima, karena seleksi Kesehatan juga akan sangat ketat, mulai dari kesehatan mata, gigi dan kesehatan fisik lainnya.

 

Informasi persyaratan lengkapnya kalian dapat akses link ini

 

2. Latihan Fisik Secara Rutin

Sebelum kamu mengikuti pendaftaran seleksi Akademi Angkatan Laut. Tidak ada salahnya untuk meningkatkan stamina fisik kamu terlebih dahulu. Pasalnya dalam akademi ini kekuatan fisik juga akan menjadi pertimbangan supaya kamu bisa lolos. Kamu bisa memulai latihan fisik, seperti lari jarak jauh, push up, sit up, dan pull up.

3. Persiapan Akademik

Dalam persiapan akademik ini kamu bisa mencoba mencari referensi soal-soal tes yang diujikan pada tahun-tahun sebelumnya, contohnya seperti materi matematika, Bahasa Indonesia, fisika, dan Bahasa Inggris

4. Menguasai Psikotes

Selain mempelajari tes akademik, kamu juga harus berlatih soal-soal psikotest agar kamu dapat melatih kemampuan cara berfikir,kepribadian, dan logika.

Baca juga: Panduan Lengkap Persiapan Psikotes AAL: Jenis Tes dan Cara Menghadapinya

5. Pelajari Wawasan Kebangsaan

Perbanyak pengetahuan seputar sejarah Pancasila, UUD 1945, dan juga perkembangan terkini terkait TNI dan kedaulatan maritim Indonesia.

6. Belajar Renang

Kemampuan renang adalah persyaratan penting di dunia militer khusunya untuk kamu yang ingin menjadi Perwira Angkatan Laut. Jadi sebisa mungkin kamu harus meluangkan waktumu untuk berlatih renang.

7. Persiapkan Diri untuk Tes Wawancara

Tes wawancara pastinya adalah tes yang tidak mungkin tidak ada dalam tahapan seleksi kerja. Oleh karena itu kamu juga harus mempersiapkan dirimu sebaik mungkin untuk test ini. Berlatih didepan cermin juga bisa menjadi salah satu jurus jitu untuk mengatasi kegugupan dan melatih mu agar bisa berbicara dengan lancar saat tes nanti.

Baca disini: Tips dan Trik Wawancara AAL 2024

8. Management Waktu

Dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi seleksi masuk Akademi Angkatan Laut mungkin kamu akan sangat sibuk untuk berlatih, namun kamu juga harus memperhatikan kesehatan fisikmu dengan makan-makanan yang bergizi dan juga istirahat yang cukup.

baca juga

9. Doa dan Dukungan

Jangan lupa untuk selalu berdoa dan meminta dukungan dari keluarga dan juga teman-teman mu. Karena dukungan moral juga bisa meningkatkan semangatmu.

 

Nah itu dia tips agar kamu dapat lolos seleksi Akademi Angkatan Laut. Persiapan yang matang dan sikap yang positif juga dapat mendukung kamu untuk lolos. Tetap optimis dan jangan patah semangat yaa, karena usaha tidak akan menghianati hasil.

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

× Coba GRATIS Simulasi Ujian CAT